Pandu Satria

Sometime imagination better than knowledge

HTC Desire

leave a comment »

Ponsel dengan sistem operasi Android, memang memiliki banyak sekali aplikasi pendukung. Mulai dari penunjang produktivitas, entertainment, hingga game dengan sistem permainan yang menarik. Begitu pun HTC Desire, dengan jeroan yang diusungnya membuat ponsel ini mampu menjalankan setiap aplikasi yang tersedia di pasar Android dengan sukses.

Untuk pengelolaan email misalnya. Secara default, ponsel ini telah memiliki aplikasi yang bisa menerima dan mengirim email secara real time untuk akun Gmail. Lalu bagaimana dengan akun email lain? HTC juga menyertakan aplikasi bernama Mail. Namun sayang, aplikasi ini hanya bersifat pull, artinya pengguna hanya dapat menerima email dalam jangka waktu tertentu.

Selain aplikasi produktivitas pengelolaan email dan pembaca dokumen, HTC Desire juga hadir dengan aplikasi pemutar musik. Keluaran suara pada HTC Desire tergolong biasa, tidak ada yang spesial pada kualitas single speaker yang diusungnya. Hal serupa pun terjadi ketika pengguna menggunakan headset. Meski terdengar lebih baik, namun belum cukup memuaskan para pecinta musik.

Untuk aplikasi pengambil gambar, ponsel ini terbilang amat memuaskan. Hasil jepretan dari kamera 5 megapixel yang diusungnya mampu menghasilkan kualitas gambar dengan baik, entah itu kondisi siang hari atau pun malam hari. Terlebih lagi auto fucus yang dimilikinya, dapat diposisikan sesuai keinginan pengguna.

Jika aplikasi bawaan dianggap belum cukup, pengguna masih dapat mengunduh aplikasi lain yang tersedia di Android Market. Jika melihat banyaknya aplikasi yang tersedia, saya pun ngiler alias tergiur untuk mencicipinya.

Sekadar contoh saya mengunduh aplikasi TweetCaster, yang merupakan aplikasi khusus bagi para pecinta twitter. Mulai dari update status hingga retweet with comment pun bisa dilakukan melalui aplikasi gratis ini. Bukan hanya aplikasi saja, Android Market juga menyediakan beragam jenis game yang dapat diunduh secara gratis.

Namun sayang setiap aplikasi yang diinstal, secara default akan masuk ke dalam memory utama (internal) di ponsel. Padahal HTC Desire hanya menyisahkan sekitar 200MB dari total 512MB memori yang dimilikinya. Akibatnya, pengguna pun jadi ngiler ingin memiliki memori internal yang lebih besar.

Rupanya, problem memori internal ini memang dialami pengguna HTC Desire di manapun. Konon, masalah ini bisa diatasi dengan trik tertentu. Selain itu, kabarnya masalah ini akan teratasi jika Android yang digunakan adalah versi 2.2 (Froyo) nantinya.

Setelah Froyo (android  versi 2.2) keluar (melalui update dari HTC), saya pun mencoba fitur baru yaitu app2sd. App2sd adalah salah satu keunggulan dari froyo dimana aplikasi yang diinstal dapat dipindahkan ke memori external dengan sekali klik. Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna HTC Desire khusunya yang notabene memiliki memori internal kecil.

Froyo jg memiliki fitur lainnya yaitu USB Tethering, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna dapat melakukan sharing koneksi internet dengan PC melalui USB. Fitur lainnya dari froyo adalah Wifi Router.

Berikut adalah beberapa kekurangan, kelebihan dan spesifikasi dari HTC Desire

Kelebihan :

  • Layar sentuh nyaman digunakan
  • Kualitas layar mengagumkan
  • Bodi pas digenggam
  • Banyak di dukung aplikasi gratis
  • Desain Menarik

Kekurangan :

  • Memori internal terbatas
  • Kualitas speaker kurang enak didengar

Spesifikasi :

  • Prosesor : Qualcomm Snapdragon QSD8250 1 GHz
  • Layar : AMOLED, 3,7 inchi, 480 X 800 WVGA
  • Memori : 576 MB RAM; 512 MB ROM microSD hingga 32GB
  • Kamera : 5MP, lampu LED, video 800×480 pixel
  • Konektivitas : HSDPA, Bluetooth, WiFi, GPS
  • Multimedia : Radio FM, musik digital (AAC, AMR, OGG, M4A, MID, MP3, WAV, WMA) dan video digital (3GP, 3G2, MP4, WMV).

Written by ndoet

10/09/2010 at 3:03 AM

Posted in Gadget

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: