Pandu Satria

Sometime imagination better than knowledge

Introduction Adobe Flash – Basic (Part 2)

leave a comment »

Sebelumnya kita telah mengenal tentang Area kerja Adobe Flash beserta kelebihan dan kekurangannya. Nah, pada bagian yang ke-2, aku akan menjelaskan animasi-animasi dasar yang ada di dalam Adobe Flash. Langsung saja ya, berikut adalah animasi-animasi dasar yang ada di dalam Adobe Flash, antara lain :

1.  Tween animation

Animasi ini sangat mengurangi waktu karena Anda tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa tween animation sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.

  • Animasi motion tween digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar dan perubahan skala.  Motion tween dapat diterapkan pada objek instance (symbol), grup dan teks.
  • Animasi motion shape merupakan animasi perubahan bentuk sebuah objek, misalnya dari bentuk kotak menjadi bentuk lingkaran. Motion shape dapat diterapkan pada objek shape (rectangle, oval dan pencil tool).
  • Motion guide adalah animasi yang bergerak menyusuri sebuah lintasan atau alur.
  • Prinsip kerja animasi masking adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka. Berikut contoh sederhana animasi dengan menggunakan masking.

2.  Frame by frame Animation (Animasi Frame Per Frame)

Bentuk dasar dari animasi adalah animasi frame per frame. Animasi frame per frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu.  Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap framenya. Karena animasi frame per frame harus memiliki gambar yang unik tiap framenya maka animasi frame per frame
sangat ideal untuk membuat animasi yang kompleks yang terdiri dari banyak perubahaan seperti ekspresi wajah. Kelemahan dari animasi frame per frame adalah membutuhkan banyak waktu untuk membuat setiap gambar dan menghasilkan file yang besar ukurannya.

Di dalam Flash, sebuah frame yang memiliki gambar yang unik dinamakan keyframe. Animasi frame per frame membutuhkan gambar yang unik setiap framenya, hal ini menyebabkan setiap framenya adalah keyframe.

Untuk langkah-langkah dalam membuat animasi-animasi dasar dengan Adobe Flash dapat dilihat pada Langkah-langkah membuat animasi dasar Flash.

Written by ndoet

10/14/2010 at 8:53 PM

Posted in Flash Animation

Tagged with , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: