Pandu Satria

Sometime imagination better than knowledge

Touring : Bendungan Gerak Serayu – Teluk Penyu

with 2 comments

Bendungan ini terletak di desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah. Bendungan ini deresmikan oleh Presiden RI ke-2 Soeharto Pada tahun 1996. meskipun bendungan ini dibangun diwilayah Kabupaten Banyumas namun yang menikmati aliran air untuk irigasi adalah kabupaten Cilacap. penduduk atau Petani sekitar bendungan tidak menikmati sama sekai irigasi yang ada. mereka hanya memperoleh manfaat sebagi obyek wisata saja.

Sungai Serayu sendiri bermata air di Pegunungan Dieng Kabupaten Wonosobo dan bermuara di Samudera Hindia sejauh 176 km.

Panorama alam perbukitan cemara serta bentangan panjang rel kereta api memiliki daya tarik sendiri di sini.

Tetapi fasilitas pendukung untuk berwisata sangat kurang, karena sebenarnya di sini dapat di buat wisata air seperti panggung terbuka untuk pementasan tarian atau theater, kolam pancing buatan dan alam, sepeda air/jet ski, perahu wisata dan pendukung lainya seperti toko penjual souvenir, hotel atau losmen. Baru belakangan ini ada wisata arung jeram di wilayah ini.

Perjalanan dilanjutkan menuju cilacap, sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor. Di sana terdapat tempat wisata yang cukup terkenal yaitu teluk penyu dan benteng pendem.

Pantai Teluk Penyu, Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.

Berbagai makanan khas hasil laut dan cinderamata dapat dijumpai dengan mudah di sepanjang pantai dan dengan mudah dapat dijumpai dan selalu dekat dengan wisatawan yang berkunjung ke pantai Teluk Penyu sepanjang hari hingga tengah malam. Terletak di Kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Harga Tiket Masuk : Rp. 2.500,-/ orang.

Benteng Pendem Cilacap (Belanda : Kusbatterij od de Lantong te Cilacap), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986.

Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879, Bangunan Benteng Pendem memiliki konfigurasi yang masih kokoh, dengan dikelilingi parit, mempunyai 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini. Namun, sejak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Namun, hingga kini hal itu belum sepenuhnya terbukti.

 

Written by ndoet

11/01/2010 at 6:17 PM

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wuihh… maring Teluk Penyu…
    mlebu terowongan sing peteng bgt ra ndut?

    synchro

    11/09/2010 at 10:36 PM

    • Ora fer, aku wingi kur ketemu kancaku sing nang pertamina UP IV Cilacap, trus mangan nang pinggir teluk penyu, seafood..ha2..

      ndoet

      11/10/2010 at 11:33 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: